jump to navigation

Tingkatkan akses KUMKM ke bank PEMPROV JATIM BENTUK SATGAS KKMB 4 Mei 2009

Posted by Samsul Hadi in berita.
Tags: , , ,
trackback
peresmian satgasda kkmb jatim

peresmian satgasda kkmb jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membentuk Satuan Tugas Konsultan Keuangan Mitra Bank (Satgas KKMB), sebagai pendamping koperasi usaha mikro kecil dan menengah (KUMKM) guna mengakses kredit bank.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menyatakan KKMB berperan mendampingi KUMKM dalam berhubungan dengan perbankan guna mendapatkan pinjaman modal berbunga rendah.

Menurut dia, pembentukan Satgas KKMB didasarkan terbatasnya SDM dan jaringan lembaga pembiayaan/bank dalam menjangkau sektor KUMKM. Di lain pihak, masih banyak KUMKM belum mampu mengakses perbankan, di tengah besarnya potensi sektor usaha tersebut.

“Upaya itu diharapkan mampu menekan angka kemiskinan di Jawa Timur yang mencapai 15,41% dari total jumlah penduduk 38,3 juta jiwa,” ujarnya tatkala meresmikan pengoperasian Satgas KKMB di kantor Bank Indonesiua Cab. Surabaya, belum lama ini.

Pembentukan KKMB diawali SKB antara Menko Kesra dan Gubernur BI tentang perlunya Satgas KKMB di setiap propinsi. Di Jatim, pada Mei 2008 lalu ditindaklanjuti dengan MOU antara Gubernur Jatim yang saat itu dijabat Imam Utomo, dengan Dewan Gubernur BI, Didi Hartadi, yang menyepakati pembentukan Satgas Pemberdayaan KKMB.

Ketua Satgas Pemberdayaan KKMB Jatim, Amril Arifien, mengatakan berdasarkan hasil kajian Bank Indonesia, pelaku UMKM di Jatim belum banyak yang mampu mengakses perbankan sebab belum banyak memenuhi ketentuan aspek bank secara teknis (belum bankable).

“KKMB tidak hanya mendampingi UMKM untuk mengakses perbankan, namun juga mencarikan pasar dari produk yang dihasilkan UMKM sekaligus menata administrasi usaha dan pembukuannya,” tuturnya.

Satgas KKMB pada 2008 berjumlah 157 orang, dan tahun ini akan dididik 200 orang calon satgas baru. (sal)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: