jump to navigation

UMKM akan diperlakukan khusus 4 Mei 2009

Posted by Samsul Hadi in berita.
Tags: , ,
trackback

Gubernur Jatim Soekarwo terus menebar harapan. Terbaru,dia mengaku menyiapkan skema diskresi (pengurangan syarat) bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk pengajuan kredit.

Soekarwo menyatakan, UMKM termasuk dalam golongan yang terpinggirkan dalam sistem keuangan karena tidak memiliki kolateral atau jaminan dalam pengajuan kredit, sementara sumber daya manusianya terhitung hampir tak memiliki jaringan pemasaran. “Karena persoalan itu, mereka tidak bisa memenuhi persoalan teknis sehingga yang bisa mendapat kucuran modal dari bank masih sangat sedikit,” ujar Soekarwo usai meresmikan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) di Gedung Bank Indonesia (BI) Surabaya kemarin.

Dengan adanya diskresi ini,Soekarwo berharap dana-dana yang ada di perbankan bisa mengalir sampai ke desa-desa. Selama ini perekonomian di pedesaan dinilai kurang bergerak karena hanya tergantung pada sektor pertanian. Akibatnya, tidak ada perkembangan atau nilai tambah dari produk pertanian yang dihasilkan. Dia mencontohkan, dengan adanya modal, maka hasil pertanian tidak akan berhenti sebagai panenan, tapi bisa diolah lebih dulu sehingga harganya bisa lebih terangkat. Soekarwo belum bersedia merinci skema diskresi tersebut. Namun yang pasti, bunga kredit akan lebih rendah dari bunga pasar.

Selain itu, agunan atau jaminan akan diperingan atau mungkin ditiadakan. Ketua Satgas KKMB Jatim Amril Arief menyatakan, untuk menyikapi kondisi yang diuraikan Gubernur Jatim, dalam kerjanya mulai 2009 ini KKMB tidak hanya menjadi jembatan antara bank dan nasabah, tapi juga membantu UKM untuk pemasaran.

“Peran KKMB akan lebih diperluas. Dari survei, persoalan UMKM tidak melulu modal kok, tapi juga akses pasar serta administrasi,”ungkapnya. Tahun ini Satgas KKMB Jatim memproyeksikanmelatihsekitar 200 orang KKMB untuk nantinya terjun dengan peran lebih diperluas ini. (dili eyato)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: