jump to navigation

Revisi Aturan KUR Tunggu Restu Menko Perekonomian 11 November 2009

Posted by Samsul Hadi in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Lambatnya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga menjelang tutup tahun 2009, ditengarai akibat masih adanya beberapa kendala dalam penyalurannya. Satu kendala yang sejak dulu kerap menjadi perdebatan adalah masalah persyaratan debitur baru KUR.

Mengutip Peraturan Menteri Keuangan Nomor 135/PMK 05/2008 tentang Fasilitas Penjaminan KUR, syarat debitur KUR adalah nasabah yang belum pernah mendapatkan kredit dari bank. Beleid inilah yang banyak dikeluhkan perbankan sebagai penyebab seretnya penyaluran KUR selama ini.

Namun demikian, pemerintah mengaku tidak tutup mata terhadap masalah tersebut. Bahkan, pemerintah telah sejak lama melempar wacana untuk merevisi beleid persyaratan debitur baru KUR.

“Definisi dari debitur penerima KUR diganti kalimatnya, dari semula “BELUM PERNAH mendapatkan kredit bank” direvisi menjadi “TIDAK SEDANG menerima kredit bank,” kata Mohammad Hasyim, Kepala Sub Bidang Pendanaan KUKM Kementrian Negara Koperasi dan UKM.

Dengan revisi tersebut, harapannya, nasabah yang sudah pernah menerima kredit bank-pun tetap bisa mengakses KUR. Yang penting, di saat yang bersamaan, nasabah tersebut tidak sedang menerima kredit dari bank lain.

Revisi aturan tersebut sejatinya sudah disepakati oleh para stakeholder di industri ini, baik oleh Kementrian Negara Koperasi dan UKM maupun oleh bank-bank pelaksana.

Hanya saja, stempel persetujuan resmi dari Komite Kebijakan KUR yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian sampai saat ini masih belum turun. “Tinggal menunggu Menko Perekonomian,” ujar Choirul Djamhari, Deputi Restrukturisasi dan Jaringan Usaha Kementrian Koperasi dan UKM.

 

sumber: kontan

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: