jump to navigation

Buhari Kukuhkan Satgasda KKMB Kolaka 14 April 2010

Posted by Samsul Hadi in berita.
Tags: ,
trackback

Bupati Kolaka, H Buhari Matta, Selasa kemarin (6/4), mengukuhkan Satuan Tugas Daerah Konsultan Keuangan Mitra Bank (Satgasda) Kabupaten Kolaka, di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka.

Usai pelantikan, Satgasda KKMB melanjutkan rapat kordinasi anggota Satgasda dengan menghadirkan narasumber diantaranya pimpinan bank Indonesia, Lawang M Siagian, Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Inovasi Pertanian LPPM Unhalu, Dr Azhar Bafadal, dan Manajer CSR UBP Nikel, Darlia serta Ketua Satgasda KKMB Kolaka, Ahmad Safei serta sejumlah pimpinan bank di Kabupaten Kolaka.

Dalam sambutannya, Bupati Buhari Matta, mengatakan pemberdayaan kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang jumlahnya mendominasi unit perekonomian baik secara nasional, regional maupun daerah merupakan salah satu strategi penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Buhari, fakta lapangan dan hasil kajian empiris menunjukkan UMKM lebih menyentuh dan lebih sesuai dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Keunggulan UMKM mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dan lebih merata pada kantong-kantong kemiskinan,” katanya. Sementara, Pimpinan Bank Indonesia, Lawang M Siagian, mengatakan tujuan Satgasda KKMB, memberdayakan, memfasiltasi dan mengkordinasikan kegiatan konsultan keuangan mitra bank dengan bank guna mengupayakan akses UMKM yang lebih besar terhadap bank.

Menurutnya, tugas Satgasda memfasilitasi koordinasi yang sinergitas dan solutif dengan beberapa pihak terkait dalam mendukung percepatan implementasi dari program pemberdayaan ekonomi di daerah baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan, maupun monitoring dan evaluasi.

Selain itu, Satgasda juga mengemban tugas membangun hubungan kemitraan dengan beberapa pihak terkait dalam rangka pemberdayaan UMKM baik dari aspek pemberian bantuan teknis pendampingan, penguatan kelembagaan maupun pembiayaan.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: