jump to navigation

BI : Berikan Subsidi Jasa KKMB Untuk UMKM 22 Juni 2011

Posted by Samsul Hadi in berita, Pembiayaan, Perbankan.
Tags: , , ,
trackback

Bank Indonesia memberikan program subsidi pemanfaatan jasa Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) di Jawa Timur untuk meningkatkan pembiayaan UMKM oleh perbankan.

Nusakti Nasution  dari Bank Indonesia Surabaya mengatakan saat ini kebijakan pengembangan jasa layanan KKMB diarahkan melalui pendekatan pasar atau bisnis.

“Program Subsidi ini dilakukan oleh Bank Indonesia karena saat ini Bank Indonesia mengindetifikasi  baru sekitar 30 persen UMKM yang sudah memperoleh layanan pembiayaan perbankan. Minimnya UMKM yang belum memperoleh layanan dikarenakan keterbatasan dan kendala dari sisi perbankan maupun dari sisi UMKM,” jelas Nusakti Nasution dalam Rakor dan evaluasi KKMB oleh Biro Perekonomian Pemprov Jatim di Surabaya,Selasa (21/6).

“KKMB merupakan salah satu lembaga jasa pengembangan UMKM yang didorong untuk menjadi pendamping atau konsultan dalam membantu UMKM dalam mengatasi kendala yang dihadapi UMKM terkait dengan akses pembiayaan” tambahnya, Seperti dlansir laman Diskominfo.

Dijelaskannya, Bank Indonesia telah memberikan program subsidi pemanfaatan jasa layanan KKMB dalam rangka mendorong pembiayaan atau kredit skala mikro.

Menurutnya subsidi diberikan kepada UMKM yang memanfaatkan jasa KKMB yang diberikan dalam bentuk “voucher”.Subsidi fee diberikan hanya kepada usaha mikro dan kecil dengan jumlah permohonan kredit yang disetujui maksimal Rp 50 juta rupiah per pemohon dan untuk modal usaha atau modal kerja dan investasi.

Lanjutnya,UMKM yang mengajukan kredit dengan nilai lebih dari Rp 50 Juta Rupiah dianggap telah mampu membiayai secara penuh biaya penggunaan jasa KKMB.

Tidak hanya itu saja KKMB partisipan peserta program harus tunduk dan setuju terhadap besaran maksimal fee yang menjadi beban biaya dari usaha mikro atau kecil yang menggunakan jasa pendampingan KKMB yang telah ditetapkan oleh satgasda KKMB Jatim.

Kupon atau voucher dapat diperoleh oleh UMKM setelah berdasarkan pertimbangan professional KKMB yang memang memiliki potensi dibiayai bank.

” Namun, Bank tidak wajib atau secara otomatis menyetujui permohonan kredit yang diajukan oleh UMKM yang didampingi oleh KKMB. Keputusan persetujuan permohonan kredit merupakan kewenangan pihak bank,”ujarnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: