jump to navigation

KKMB Malang bidik kredit mikro Rp200 miliar 30 Januari 2012

Posted by Samsul Hadi in Pembiayaan.
Tags: ,
trackback

Unit Pelaksana Teknis Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Malang menargetkan dapat memfasilitasi penyaluran kredit usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp200 miliar selama 2012.

Deputi Pemimpin Kantor Bank Indonesia (KBI) Malang Emanuel Lamen Ola, mengatakan realisai penyaluran kredit lewat UPT KKMB setempat pada 2011 mencapai Rp163 miliar. “Yang menggembirakan angka NPL (non performing loan- red)-nya sangat rendah, hanya 0,1%,” kata Emanuel Lamen Ola di Malang, hari ini.

Dari sisi pemenuhan target, dia akui, realisasi fasilitasi penyaluran kredit sebesar Rp163 miliar masih belum memenuhi. Target yang dipatok pada 2011, UPT KKMB dapat memfasilitasi penyaluran kredit sebesar Rp200 miliar.

Namun, menurut dia, realisasi fasilitasi kredit yang belum memenuhi target itu ada juga sisi positifnya. Hal itu mengindikasikan bahwa UPT KKMB betul-betul menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memilih nasabah yang mereka damping untuk mengajukan kredit ke perbankan. Hal itu terbukti dengan tingkat NPL yang sangat rendah.

Dengan begitu pula, petuas UPT KKMB dalam memberikan analisis terkait patut tidaknya usaha dan pengusaha untuk mendapatkan kucuran modal sudah bagus. Saat ini bank-bank banyak yang berminat untuk menjalin kerja sama dengan UPT KKMB.

Padahal sebelumnya, lembaga tersebut dilihat sebelah mata oleh kalangan perbankan. Kalangan perbankan sebelumnya tidak terlalu yakin atas kemampuan personel UPT KKMB dalam mencari calon nasabah bank yang baik, dari sisi usaha maupun moral debitornya.

Perkembangan penyaluran kredit lewat fasilitasi UPT KKMB Malang yang pembentukan difasilitasi KBI Malang sangat pesat. Pada 2008, lembaga tersebut berhasil memfasilitasi penyaluran kredit Rp7 miliar, namun dari tahun ke tahun meningkat dan pada 2011 berhasil difasilitasi penyaluran kredit Rp163 miliar dan pada 2012 ditargetkan meningkat menjadi Rp200 miliar.

Sektor-sektor ekonomi yang banyak dibiayai dengan fasilitasi UPT KKMB Malang, lanjut dia, yakni sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perdagangan. Untuk percepatan fasilitasi penyaluran kredit UMKM pada 2012, kata Lamen, maka pihaknya akan bekerja sama dengan pegawai di dinas-dinas yang biasanya menangani UMKM.

Nantinya, kata dia, pegawai tersebut direkrut sebagai KKMB. Keterlibatan mereka tepat karena mereka selama ini sudah intensif menangani UMKM. Mereka juga mempunyai data yang lebih lengkap tentang UMKM di daerah masing-masing.

Dengan begitu, selain fasilitasi penyaluran kredit UMKM lewat UPT KKMB selain lebih cepat juga diharapkan bisa tepat sasaran. Hal itu bisa terjadi karena aparat pemda memantau secara intensif tentang UMKM-UMKM yang mereka bina.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: