jump to navigation

Ditegur DPR Soal Tingginya Bunga Kredit, BI Segera Panggil Perbankan 14 Agustus 2009

Posted by Samsul Hadi in berita.
Tags: , ,
trackback

Bank Indonesia (BI) akan segera memanggil perbankan untuk dikumpulkan bersama-sama dengan pemerintah dalam rangka mencari solusi agar suku bunga kredit bisa segera diturunkan mengikuti penurunan BI Rate.

Demikian disampaikan oleh Deputi Gubernur Senior BI Darmin Nasution ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2009).

“Kita akan segera mengundang mereka (perbankan) dan pemerintah untuk duduk bersama mencari jalan keluar, segera,” tandasnya.

Darmin mengatakan kebijakan penurunan suku bunga kredit ini memang harus dipertimbangkan secara matang oleh BI, perbankan, dan pemerintah dengan melihat dampak negatif dan positifnya bagi perbankan dan perekonomian secara keseluruhan.

“Harus ditimbang masak-masak segala keputusan karena ada yang negatif dan positif, BI akan duduk bersama-sama dengan perbankan untuk mencari jalan keluar yang efektif,” ujarnya.

Menurut Darmin, BI tidak harus mengeluarkan suatu aturan yang memaksa perbankan menurunkan bunga kreditnya, karena menurutnya penurunan bunga kredit bisa dilakukan dengan duduk bersama antara BI, pemerintah, dan perbankan.

Sebelumnya Ketua DPR Agung Laksono mengatakan meskipun BI Rate saat ini sudah turun di tingkat 6,5%, namun suku bunga kredit perbankan masih di atas 12%. DPR meminta agar BI Rate lebih menjadi acua serta mempunyai kekuatan di pasar.
(sumber: detik.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: